Prediksi Soal KSM MTs IPA Terintegrasi 2019 dan Pembahasannya

Berikut adalah Prediksi Soal KSM Madrasah Tsanawiyah (MTs) IPA Terpadu Terintegrasi Tahun 2019 beserta pembahasannya (kunci jawaban). File dapat didownload dengan gratis.

Ajang Kompetensi Sains Madrasah (KSM) menjadi ajang kompetisi yang paling ditunggu-tunggu oleh para peserta didik tingkat MTs (Tsanawiyah) pada tiap tahunnya. Ada banyak mata pelajaran yang dikompetisikan di ajang KSM tingkat MTs ini. Salah satu mata pelajaran yang dikompetisikan dalam KSM MTs 2019 adalah IPA Terintegrasi.

Materi Soal KSM MTs IPA 2019


Terintegrasi maksudnya adalah kesepaduan antara konten sains dan konteks agama. Oleh karena itu maksud dari IPA Terintegrasi adalah Mata Pelajaran IPA yang terintegrasikan dengan mata pelajaran agama.

Mengutip Kisi-Kisi KSM MTs 2019, materi IPA Terintegrasi yang akan dikompetisikan meliputi konten sains terdiri atas mapel Fisika dan mapel biologi. Mapel fisika meliputi pengukuran, besaran dan satuan, mekanika, getaran, gelombang, dan bunyi, optika, listrik, dll. Sedangkan mapel biologi meliputi makhluk hidup, perkembangan manusia, organisasi kehidupan, ekologi, fotosintesis, dan lainnya. Sedangkan konteks agama terdiri atas Sejarah Kebudayaan Islam tentang perkembangan Islam masa Khulafaur rasyidin, daulah Umayyah,dan lainnya, fikih, akidah akhlak, dan qur'an hadist.

Pada tahun 2019 sendiri, ajang KSM akan diadakan di Bengkulu. Maka sebagai bekal untuk dapat mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 tersebut, kami akan membagikan Prediksi Soal KSM MTs Mapel IPA Terintegrasi 2019 beserta pembahasannya. Harapannya, semoga dengan banyaknya berlatih, para peserta didik dapat memiliki kesiapan mental dan pengetahuan.

Namun sebelum Anda mengunduh Prediksi Soal KSM MTs IPA 2019, alangkah baiknya Anda mengunduh Juknis KSM 2019 dan Kisi-Kisi Soal KSM 2019 agar lebih memahami ajang kompetisi ini dengan lebih baik.

Download Soal KSM MTs IPA 2019 dan Kunci Jawaban


Jika bapak/ibu guru ingin mendapatkan Prediksi Soal Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Mapel IPA Terintegrasi tingkat Tsanaiyah (MTs) beserta pembahasannya, silahkan unduh pada tautan berikut ini:

Baca: Soal Asli KSM MTs IPA Terintegrasi Tahun 2018
Demikian Prediksi Soal KSM MTs IPA 2019 beserta pembahasannya. Silahkan bagikan agar kemanfaatannya lebih banyak.