Kisi-Kisi dan Materi KSM 2019 (MI MTs MA)

Berikut adalah Kisi-Kisi dan Materi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat MI, MTs, MA Tahun 2019. File download berupa Ms. Word dan dapat diunduh dengan gratis.

Ajang Kompetisi Sains Madrasah 2019 telah di depan mata. Kegiatan tahunan yang diselenggarakan Kementerian Agama ini merupakan kegiatan favorit bagi para peserta didik madrasah. Sekaligus merupakan ajang yang menyaingi kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN). Oleh karena itu, antusiasme para peserta semakin hari semakin banyak.

KSM 2019 tingkat Nasional akan diselenggarakan di Bengkulu. Namun demikian untuk dapat mencapai tingkatan tersebut, para peserta dari berbagai madrasah akan berkompetisi setidaknya 3 tahapan penting.

Pertama, mereka akan berkompetisi di tingkat satuan pendidikan. Selanjutnya, para peserta didik akan berkompetisi di KSM tingkat Kabupaten/Kota. Dari tiga terbaik akan mengikuti ajang KSM tingkat Provinsi. Baru satu dari yang terbaik tersebut akan berkompetisi mewakili daerahnya di tingkat nasional (KSM tingkat Nasional).

Oleh karenanya, penting bagi para guru yang mendampingi peserta didik dan juga para peserta untuk mempersiapkan diri dengan materi yang akan dikompetisikan di KSM 2019 ini. Maka pada kesempatn ini, kami akan membagikan kepada Anda semua terkait Kisi-Kisi dan Materi KSM 2019 baik tingkat MI, MTs, dan MA.

Gambaran Kisi-Kisi KSM 2019 (MI, MTs, MA)


Kisi-Kisi KSM 2019 ini berisikan materi yang akan dikompetisikan dari masing-masing Mapel yang telah diintegrasikan dengan materi Sains. Sebagai gambaran terkait Kisi-Kisi KSM 2019 tingkat MI, MTs, dan MA, berikut kami kutipkan Kisi-Kisi salah satu dari mata pelajaran Matematika Terintegrasi tingkat MI di ajang KSM 2019.

Kisi-Kisi KSM Matematika Terintegrasi Tingkat MI
Konten (Sains)Konteks (Agama)
- Bilangan
- Aljabar
- Geometri
- Kombinatorika
- Kapitaselekta
SKI
- Sejarah nabi hingga hijrah ke Yatsrib
Fikih
- Zakat, Infak, Sedekah
- Shalat
Akidah Akhlak
- Akhlak karimah
- Akhlak madzmumah
- Rukun iman
Qur'an Hadis
- Surat-Surat pendek
- Hadis arbain
- Tajwid

Untuk melengkapi persiapan Anda dalam menyongsong KSM 2019, Alangkah baiknya Anda juga mendownload Juknis KSM 2019 dan mengunduh contoh soal KSM pada tahun-tahun sebelumnya DISINI. Untuk Contoh Prediksi Soal KSM 2019, silahkan unduh DISINI.

Download Kisi-Kisi dan Materi Kompetisi Sains Madrasah (KSM) MI MTs MA Tahun 2019


Bagi Anda yang ingin mendapatkan Kisi-Kisi dan Materi KSM Tahun 2019 baik tingkat MI, MTs, dan MA, silahkan unduh pada tautan berikut ini:
Kisi-Kisi dan Materi KSM 2019