Juknis KSM 2019 (Kompetisi Sains Madrasah) Pdf

Berikut adalah Petunjuk Teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019. File download berupa Pdf.

Kementerian Agama RI melalui Dirjen Pendis secara resmi telah menerbitkan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2019 sebagai pedoman dalam pelaksanaan KSM tingkat MI, MTs, dan MA. Ajang ini diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik dalam bidang ilmu pengetahuan.

Di dalam Juknis KSM 2019 tersebut ada beberapa point penting yang harus dipahami oleh para peserta yang akan mengikuti ajang tersebut. Diantara hal penting tersebut adalah sebagai berikut:

Bidang yang Dilombakan pada KSM 2019

Dalam KSM 2019 ini, ada beberapa bidang mata pelajaran yang dilombakan di tingkat pendidikan MI, MTs, dan MA. Untuk tingkat Madrasah Ibtidaiyah, ada dua mapel, tingkat Madrasah Tsanawiyah 3 mapel, dan tingkat Aliyah ada 6 mapel. Silahkan lihat gambar berikut:

Bagi yang ingin mendapatkan Prediksi Soal KSM 2019 sebagai ajang latihan beserta pembahasannya, silahkan unduh pada tautan berikut:

Waktu dan Tempat Pelaksanaan KSM 2019

Untuk waktu dan tempat pelaksanaan KSM 2019 terbagi menjadi empat tahapan, yaitu KSM Satuan Pendidikan, KSM Kabupaten/Kota, KSM Provinsi, dan KSM Nasional. Lebih detailnya adalah sebagai berikut:
  • KSM Satuan Pendidikan dilaksanakan pada April - Mei 2019
  • KSM Kabupaten/Kota dilaksanakan pada 13 Juli 2019
  • KSM Provinsi dilaksanakan pada 3 Agustus 2019
  • KSM Nasional dilaksanakan pada 9 - 13 September 2019

Bentuk Tes KSM 2019

Ada dua bentuk tes dalam KSM 2019 ini. Dua bentuk tes tersebut adalah sebagai berikut:
  • Tes Teori disesuaikan dengan silabus KSM yang mengacu pada standar silabus MI/SD, MTs/SMP, dan MA/SMA. Tes Teori pada KSM 2019 bertujuan untuk menguji tiga aspek, yakni: Proses sains dan kemampuan berfikir; Konsep dan pengetahuan sains yang terintegrasi dengan ilmu keislaman; dan Kemampuan dalam aplikasi sains dan teknologi.
  • Tes Eksperimen/Eksplorasi bertujuan menguji kemampuan siswa dalam mendesain, menganalisis, memecahkan masalah, dan mengenali hubungan sebab akibat antara gejala/sebab akibat yang sifatnya lebih mengarah ke aspek praktikal.

Persyaratan Peserta KSM 2019

Diantara persyaratan peserta yang harus dipenuhi bagi yang ikut ajang Kompetisi Sains Madrasah adalah sebagai berikut:
  1. Peserta yang terdaftar secara resmi di madrasah/sekolah dan berkewarganegaraan Indonesia dengan bukti surat keterangan kepala madrasah/sekolah dan kartu pelajar serta memiliki raport terakhir pada jenjang yang diampu.
  2. Siswa MI/SD berada pada kelas 4, 5, untuk MTs/SMP kelas 7, 8, sedangkan tingkat MA/SMA kelas 10, 11 T.P 2018/2019.
  3. Memenuhi syarat minimal pengetahuan dalam bentuk nilai untuk bidang sains yang dipilih.
  4. Mendapat izin dan persetujuan dari orang tua/wali siswa.
  5. Dll

Download Petunjuk Teknis KSM 2019


Bagi Anda yang ingin mendapatkan lebih lengkap terkait petunjuk teknis Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019, silahkan unduh pada tautan berikut ini:
Juknis KSM 2019 (Kompetisi Sains Madrasah) Pdf
Baca: Kisi-Kisi KSM 2019
Demikian Petunjuk Teknis KSM 2019 yang dapat kami bagikan. Silahkan dibagikan artikel ini jika bermanfaat untuk Anda dan lainnya. Terima kasih